Minggu, 08 Februari 2015

Backpacker Bandung - Bali - Lombok

Yoo!!
Cerita singkat aja seingetnya. Jadi pas libur kelulusan SMA, abis pengumuman SNMPTN itu yang alhamdulillahnya nama gua ijo pas buka website-nya Cie gitu.

Kan tenang banget tuh liburannya, bulan Juli waktu itu abis lebaran seperti biasa gua pasti mudik ke Majalengka. Nah disana gua ketemu sodara-sodara, ada sodara gua yang namanya Iwan sama Adit umurnya diatas gua 3 tahun, dua duanya ngajakin gua travelling gitu. Mumpung ada duit THR yaudah kita bertiga fix mau traveling. Abis mudik gua balik ke Tangerang.

Jadi perjalanan gua gini. Tanggal 4 Agustus gua berangkat dari Tangerang ke Bekasi naik bis sendirian buat nyamperin si Iwan yang emang tinggalnya di Bekasi. Gua di Bekasi cuman sehari, abis itu gua berdua sama Iwan berangkat ke Bandung naik Bis. Soalnya Iwan kan emang ngkos di Bandung, dia kuliah di UNPAS. Ohiya si Adit yang tadi itu juga kuliah di Bandung di UNISBA. Nah makanya gua main main dulu di Bandung seminggu.

Nah di Bandung ketemu akang Awong, Hussein, sama Mbe. 3 orang ini temennya Adit semua satu kampus. Jadinya kita traveling berenam dan gua paling imut-imut sendiri.

Awal berangkat seharusnya tuh tanggal 12, tapi karna yang tanggal 12 cuman dapet 4 tiket buat akang Awong, Mbe, Hussien, Adit. Yaudah deh gua sama Iwan berangkatnya tanggal 13 berduaan..

Jadi dari Bandung ke Jogja dulu 8 jam naik kereta matarmaja harganya 50K. Di Jogja lumayan ada jeda waktu 2 jam gua pake buat ngguyur badan pake air di kamar mandi (ngguyur doang bukan mandi) waktu itu sampe Jogja pagi, entah kenapa gua males mandi jadi gua ngguyur aja deh biar seger. Abis itu sholat subuh mumpung masih inget, terus makan di warteg stasiun. Gak kerasa udah 2 jam transit, lanjut lagi ke Banyuwangi 15 jam naik kereta matarmaja juga 50K.
Nyampe Banyuwangi kita nyebrang 1 jam ke Bali naik Ferry tiketnya satu orang 7K. Di kapal ini gua baru tau ternyata gua mabok laut! sebelum-sebelumnya gua gapernah naik kapal gede gini kali ya, mana pas itu lagi jam 1 pagi di kapal, kena angin laut malem lagi tapi untungnya gua ga sampe jackpot disana. Alhamdulillah cuman 1 Jam

Dari pelabuhan Bali harus naik bis lagi buat ke Kuta nya 3 jam harganya 35K. Nah udah di Kuta baru deh gua ketemu lagi sama 4 orang yang berangkat duluan itu. Udah ngumpul berenam, kita nyari penginapan di Kuta. Ohiya itu sekitar jam 3 pagi. Kita jalan muter muter sampe hampir 2 jam baru dapet penginapan yang pas nih. Di daerah peni lane II, kita nyewa 2 kamar buat 2 hari. Satu kamarnya sehari 150K muat 3 orang. Kita di Bali selama 2 hari nyewa motor seharinya 40K. Keliliiiiing..

Singkat aja, udah 2 hari di Bali kita lanjut ke Lombok. Dari Kuta itu harus ke Pelabuhan Padang Bai naik travel seorangnya kena 70K. Udah di Pelabuhan Padang Bai buat nyebrang ke Lombok nya naik kapal ferry selama 4 jam harganya satu orang kena 40K.
Suasana kapal waktu itu

Nah di kapal tuh kita kenalan sama seorang cewe namanya Nina dia asli Lombok tapi kuliahnya di Malang. Lama kita ngobrol sampe ke pelabuhan Lombok, eh kita ditawarin buat bareng naik mobil si Nina yang dijemput sama bokapnya buat ke Mataram kotanya. Soalnya dari pelabuhan ke Kota itu lumayan jauh sama ga ada angkotan umum. Yaudah dengan akting "nolak-nolak dulu" akhirnya kita berenam nebeng sampe ke Mataram. Di Mataram kita ada penginapan gratis soalnya ada Bude nya si Hussein yang tinggal disana. Yang namanya gratisan mah udah pasti enak.
2 hari pertama disana kita muter-muter Lombok nyewa mobil sehari 250K. Kita ke Tanjung aan, Selong belanak, pantai pantai banyak deh lupa namanya.

Pas hari ke-25 semenjak gua meninggalkan rumah haha. Di Lombok itu kita lanjut ke Gili Trawangan. Gili Trawangan itu pulau kecil deket Lombok gitu, disana terkenal sama spot-spot snorkling,surfin,sama sunsetnya pokoknya lengkap banget. Disana juga ga ada kendaraan umum sama sekali. Adanya cuman sepeda yang disewain sama delman pake kuda gitu. Kebayang kan bersih tanpa polusi banget. Banyak spot keren deh di Lombok juga yang harus lu datengin dulu sebelum ke Gili-Gili lainnya. Pantai pantai Lombok juga terkenal bersih sama banyak juga yang jadiin spot disini buat bikin film gitu.

Nah dari Lombok ke Gili Trawangan harus naik kapal kecil gitu bayar 10K perorang. Di Gili gua cuman sehari semalem doang. Itu nginep semalem 200K buat 3 orang. Muter, main, seru deh pokoknya di Gili udah puas besoknya balik ke Lombok 10K lagi buat perahunya.

Sehari lagi di Lombok buat beli oleh-oleh sama istirahat, besoknya gua balik ke Bali. Pokoknya selama 10 hari gua main di Pantai terus. Item item dah tuh. Di Bali hari ke 27 nya 3 orang temennya Adit itu Mbe, Awong, sama Hussein mau pulang duluan. Mereka bertiga naik kereta rutenya sama kaya pas berangkat. Nah pisah 3 orang, gua sama Iwan, Adit masih di Bali sehari. Soalnya gini kita bertiga mutusin baliknya buat naik pesawat besoknya. Soalnya kalo naik kereta gua bisa bisa nyampe Tangerang butuh 3 harian dijalan. Mana gua mepet tanggalnya harus daftar ulang kan ke Malang. Yaudah gua naik pesawat besoknya tuh tapi ke Bandung. Naik pesawat dapetnya yang 500K.

Siang udah sampe Bandung, gua pisah sama Iwan, Adit. Sorenya gua berangkat lagi balik ke Tangerang naik kereta ke Pasar Senen. Dari Pasar Senen nyampenya malem karna gua juga udah capek banget yaudah gua naik taksi deh biar bisa bayar taksinya di rumah haha. Sreet sampe deh di rumah. Gitu deh liburan gua hampir 30 hari gua kabur dari rumah buat ngabisin duit THR gua hahaha.

Di Tangerang 2 Hari, besoknya gua pergi lagi ke Malang. Bukan buat liburan tapi buat menggapai cita-cita. Iya kuliah udah masuk

Gitu sih ceritanya, diitung itung buat start yang dari Bandung backpacker ke Bali Lombok selama 10 Hari itu abis 2jt deh kira-kira include oleh-oleh soalnya.
Liat foto-fotonya biar percaya di Instagram aja haha.